Powered By Blogger

Sabtu, 18 Januari 2014

Definisi Kepemimpinan menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

Definisi kepemimpinan
Menurut saya pribadi kepemimpinan adalah sesuatu bentuk perlakuan atau kegiatan mempengaruhi orang banyak yang dilakukan oleh seorang pemimpin kepada suatu organisasi.

Ada banyak teori kepemimpinan menurut para ahli, berikut diantaranya :
1.       George P Terry
Kepemimpinan adalah kegiatan dalam mempengaruhi orang lain untuk bekerja keras dengan penuh kemauan untuk tujuan kelompok (George P Terry)

2.       H. koontz dan C. O’onnell
Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain agar ikut serta dalam mencapai tujuan umum

3.       R. Tannenbaum, Irving R, F. Massarik
 Kepemimpinan sebagai pengaruh antar pribadi yang terjadi pada suatu keadaan dan diarahkan melalui proses komunikasi ke arah tercapainya sesuatu tujuan

4.       Rauch dan Behling
 Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan

5.       Jacobs dan Jacques
 Kepemimpinan adalah proses memberi arti terhadap usaha kolektif yang mengakibatkan kesediaan untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran


Adapun cirri-ciri kepemimpinan, antara lain :
1.       Pendidikan umum yang luas
Memiliki pengetahuan yang luas baik yang didapat secara formal maupun nonformal.

2.       Kemampuan analisis
Pimpinan mampu menganalisa dalam menetukan langkah-langkah dalam pencapaian tujuan.
3.       Keterampilan berkomunikasi

Memilki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam penyampaian perintah kepada para karyawan.

4.       Rasionalitas dan objektivitas
Pimpinan dalam menentukan tujuan haruslah bersifat rasional dan dalam menilai para bawahannya hendaknya bersifat objektif.

5.       Programatis
Pimpinan dalam menyusun langkah-langkah dalam proses pencapaian tujuan harus terprogram, tersusun dan terkonsep.

6.        Kesederhanaan
Pimpinan hendaknya mampu memberikan contoh dengan kesederhanaan terhadap para karyawan agar tidak terlalu royal.

7.       Keberaniaan mengambil keputusan
Dalam pelaksanaan pengambilan keputusan pimpinan berani mengambil resiko.

8.       Kemampuan mendengar saran-saran
Pimpinan yang demokratis harus mau mendengarkan bawahannya agar terhindar dari sifat otoriter.

9.       Adaptabilitas dan fleksibilitas
Seorang pemimpin harus bisa beradapatasi dengan lingkungannya agar mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

10.   Ketegasan dalam bertindak

Seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan harus bersikap tegas tanpa kompromi agar disegani oleh para bawahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar