kami selaku Mahasiswa Manajemen Informatika dari kelas 1DB04
Universitas Gunadarma ingin menulis artikel mengenai
komunikasi,motivasi,organisasi dan pemimpin dengan soal di bawah ini.
Soal !!
1.Coba saudara jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan
fungsi-fungsi komunikasi? Dan ruang lingkup komunikasi?
2. Jelaskan tentang metode-metode motivasi? Jenis-jenis
motivasi? Dan apa yang dimaksud dengan alat-alat motivasi?
3. Mengapa suatu koordinasi penting dalam sebuah
organisasi?sebutkan pula cara untuk mewujudkan koordinasi yang baik?
4. Syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi
seorang pemimpin? Jelaskan perbedaan pemimpin dan manajer?
Jawab
1. Komunikasi adalah suatu proses
pembentukan,penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam
diri seseorang dan di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Definisi
tersebut memberikan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi adalah suatu
proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan.
Fungsi – fungsi komunikasi :
1.
Fungsi kontrol komunikasi dalam pandangan fungsi
kontrol adalah sebagai cara untuk mengetahui apakah orang lain tetap sesuai
pada jalur yang di tetapkan oleh kita atau tidak, dan juga mengetahui bagaimana
keadaan orang lain sehingga kita bisa memutuskan sesuatu yang sesuai dengan
keadaan orang tersebut.
2.
Informasi Komunikasi merupakan sebuah proses
untuk memberikan informasi dari sumber kepada tujuan yang pada akhirnya
melahirkan feedback(tanggapan atau umpan balik)
3.
Motivasi fungsi komunikasi juga sebagai alat
untuk memberikan motivasi kepada orang lain, fungsi motivasi dan control pada
komunikasi, menurut saya agak hampir sama tujuannya, yaitu untuk memastikan,
apakah orang lain tetap pada jalur yang kita inginkan atau tidak, jika fungsi
kontrol menggunakan cara yang lebih force(memaksa dan memberikan konsekuensi2
nyata), fungsi motivasi lebih kepada cara-cara yang sifatnya soft, lembut namun
biasanya langsung mengarah kepada nuraninya.
4.
Ekspresi emosi kita bisa menyampaikan apa yang
emosi kita rasakan melalui komunikasi, pada level ini, kita biasanya hanya
butuh untuk didengar untuk membagi beban emosi kita kepada orang lain, namun
tak jarang kita mengharapkan advice dan tanggapan lisan dari orang lain
Ruang Lingkup Komunikasi :
Komunikasi yang dilakukan oleh seseorang untuk menyampaikan
sesuatu lewat bahasa atau simbol – simbol tertentu dengan orang lain. dimana
manusia sebagai peran utamanya baik langsung bertatap muka ataupun melalui
media karna itu yang disebut komunikasi antarmanusia.
2. Motivasi adalah cara untuk mendorong
gairah kerjah bawahan atau kerabat, agar mau bekerja keras dengan memberikan
semua kemampuan dan keterampilanya untuk sebuah organisasi atau perusahaan.
Metode – metode motivasi ada 2 (dua) yaitu motivasi
langsung dan tidak langsung.
1.
Motivasi Langsung
Motivasi langsung adalah motivasi yang berkaitan dengan materil ataupun non materil yang di berikan secara langsung kepada setiap individu agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasanya. motivasi langsung jadi sifatnya khusus seperti pujian, THR, Bonus, dan sebagainya.
Motivasi langsung adalah motivasi yang berkaitan dengan materil ataupun non materil yang di berikan secara langsung kepada setiap individu agar dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasanya. motivasi langsung jadi sifatnya khusus seperti pujian, THR, Bonus, dan sebagainya.
2.
Motivasi Tidak Langsung
motivasi tidak langsung adalah motivasi yang di berikan dengan fasilitas – fasilitas yang dapat mempermudah seseorang dalam pekerjaanya maupun dalam kehidupan sehari – hari. Motivasi ini besar pengaruhnya untuk menambah semangat keraja para karyawan.
motivasi tidak langsung adalah motivasi yang di berikan dengan fasilitas – fasilitas yang dapat mempermudah seseorang dalam pekerjaanya maupun dalam kehidupan sehari – hari. Motivasi ini besar pengaruhnya untuk menambah semangat keraja para karyawan.
Jenis Jenis Motivasi :
1.
Motivasi
Intrinsic, yaitu motivasi yang datang secara alamiah atau murni dari diri
sendiri, seperti adanya rasa ingin maju di dalam diri untuk merubah
dirinya menjadi lebih baik.
2.
Motivasi Ekstrinsik, yaitu motivasi yang
datang disebabkan adanya suatu dorongan dari orang lain, seperti adanya
pemberian nasehat dari orang lain, Hadiah, Sanksi, dan Sebagainya.
Alat – Alat Motivasi :
yang di maksud dengan alat motivasi adalah suatu
alat yang dapat mendorong kita atau memotivasikan kita agar tujuan yang kita
inginkan tercapai seperti :
1.
Uang
uang adalah salah satu alat motivasi terkuat yang di butuhkan dalam kehidupan sehari – hari.
uang adalah salah satu alat motivasi terkuat yang di butuhkan dalam kehidupan sehari – hari.
2.
Kompetisi
kompetisi adalah suatu persaingan yang dapat memotivasikan seseorang agar bisa memenangkan persaingan tersebut. dsb
kompetisi adalah suatu persaingan yang dapat memotivasikan seseorang agar bisa memenangkan persaingan tersebut. dsb
3. Koordinasi adalah proses untuk memadukan
tujuan dan aktivitas dari unit-unit yang ada, supaya tujuan secara keseluruhan
dapat tercapai. Tanpa koordinasi, ada kemungkinan masing-masing kerja keras,
tetapi kurang mendukung organisasi bahkan merugikan organisasi.
Mengapa Kordinasi Penting Dalam Suatu Organisasi.
Karena, organisasi mempunyai karakteristik-karakteristik yaitu mempunyai struktur, tujuan, dan saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain. Sifat ketergantungan antar bagian menandakan bahwa organisasi adalah suatu sistem, sehingga jika ada bagian yang terpecah atau ada masalah, maka akan ada misskomunikasi dan organisasi itu tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan awal.
Karena, organisasi mempunyai karakteristik-karakteristik yaitu mempunyai struktur, tujuan, dan saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain. Sifat ketergantungan antar bagian menandakan bahwa organisasi adalah suatu sistem, sehingga jika ada bagian yang terpecah atau ada masalah, maka akan ada misskomunikasi dan organisasi itu tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan awal.
Cara Untuk Mewujudkan Kordinasi Dengan Baik :
1.
Adanya kontak langsung dari mereka yang
kegiatannya harus dikoordinasikan.
2.
Koordinasi dimulai pada tahap yang paling awal
sebelum kebijaksanaan dibentuk secara lengkap.
3.
Koordinasi merupakan suatu proses yang
berkelanjutan.
4. Pemimpin adalah seseorang yang menggunakan
kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu
menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling
bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Manager adalah Seorang pemimpin dengan melaksanakan tugas berdasarkan prinsip dasar manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sehingga mampu menciptakan keadaan orang lain yang dipimpinnya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Manager adalah Seorang pemimpin dengan melaksanakan tugas berdasarkan prinsip dasar manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sehingga mampu menciptakan keadaan orang lain yang dipimpinnya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.
Syarat – syarat Menjadi Seorang Pemimpin :
1.
BANYAK MENDENGAR: Anda harus rajin dan
sering menerima keluhan, kritikan dan masukan dari orang yang akan anda pimpin
(jika baru tahap akan menjadi pemimpin).
2.
BANYAK MELIHAT: Anda harus rajin dan sering
meninjau atau mengunjungi tempat-tempat yang akan menjadi target pekerjaan atau
program. Lihatlah penderitaan masyarakat/rakyat yang akan anda pimpin, jangan
hanya mendengar laporan orang lain. Catatlah setiap kejadian, renungkan dan
perbuatlah kemudian hari.
3.
BANYAK MERASAKAN: Anda harus rajin dan
sering mengumpamakan bahwa penderitaan mereka (masyarakat/rakyat) adalah
menimpa diri anda atau keluarga anda. Jangan sepelekan mereka dan jangan
rendahkan mereka.
4.
BANYAK MEMIKIRKAN: Anda harus dan sering
memikirkan bagaimana cara penyelesain terbaik atas semua persoalan yang
dihadapi oleh orang yang anda pimpin.
5.
BANYAK BERBUAT: Anda harus dan sering
menerjemahkan semua keluhan, kritikan atau bahkan mungkin cemoohan dari orang
yang anda pimpin. Berikan perhatian khusus dan buat rancangan program terbaik,
jadikan semua itu pemicu dan pemacu semangat kerja anda.Berbuat semaksimal dan
seoptimal mungkin. Jangan lupa berdo’a kepada Allah Subhanhuwata’ala
Perbedaan Manajer dan Pemimpin
Manajer
|
Pemimpin
|
||||
Sekian dari kami mengenai pengertian Komunikasi, Motivasi,
Kordinasi Dan pemimpin
mohon maaf apa bila ada salah kata dalam penulisan dan mohon kritik dan saran agar kami dapat menulis sebuah artikel lebih baik. Terima Kasih. |
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar